Pemanfaatan Media Tekhnologi Informasi dan Komunikasi (PMTIK)


Pengalaman saya selama mengikuti kelas PMTIK.

Sebelum saya menceritakan pengalaman saya setelah mengikuti kelas PMTIK, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada dosen pengampu mata kuliah PMTIK yaitu ibu Dr. Evi Ristiana, M.Pd dan bapak  Dr. Muh Akhir yang telah berbagi ilmu kepada kami dengan ikhlas dan sabar. Cara menyampaikan pembelajaran pun sangat menarik dan familiar sehingga kami sebagai mahasiswa tidak pernah bosan diajar oleh beliau, bahkan kami sangat mudah memahami materi yang beliau ajarkan karena berbasis praktek.
Baiklah, saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa sih PMTIK itu? PMTIK singkatan dari Pemanfaatan Media Tekhnologi Informasi dan Komunikasi. PMTIK merupakan salah satu mata kuliah pada program pasca sarjana PGSD di UNISMUH Makassar. Sebagaimana kita ketahui Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bukan merupakan  teknologi  yang berdiri  sendiri,  tetapi merupakan  kombinasi dari hardware  dan software. Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya presentasi, demonstrasi, eksperimen virtual, dan kelas virtual. Presentasi  merupakan  cara  yang  sudah  lama  digunakan, yang sekarang telah berkembang dari pemakaian OHP menjadi komputer/laptop dan LCD proyektor. Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatkan  TIK  diantaranya  kita  bisa  menampilkan  animasi dan video, kita juga dapat membuat game pembelajaran sehingga  tampilannya  menjadi  lebih  menarik  dan  memudahkan  siswa  untuk menangkap materi yang disampaikan.
Pada zaman ini contohnya kita menggunakan software yang paling banyak digunakan untuk presentasi yakni Microsoft Powerpoint. Pada presentasi pun, ada  beberapa  hal  yang  harus  diperhatikan  dalam  pembuatan  bahan  presentasi, diantaranya: jangan terlalu banyak tulisan yang harus ditampilkan agar mudah mengertinya, tulisan jangan terlalu kecil supaya tidak sulit dilihat, perbanyak memasukkan gambar dan animasi agar menarik dan memotivasi untuk belajar, dan usahakan bentuk presentasi yang interaktif agar peserta belajar bisa mudah memahami.Kita juga dapat membuat hyperlink dan menambah persentasi kita dengan menyelipkan musik dan video – video yang menarik.
 Banyak pengalaman berharga yang saya dapatkan dalam mengikuti kelas PMTIK, saya mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat dan dapat menunjang tugas saya sabagai guru. Diantaranya mengenal beberapa aplikasi untuk presentasi sampai membuat media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran dikelas maupun luar kelas. pentingnya pemilihan media, mengharuskan guru dan para pengajar melihat media apa saja yang relevan dan tepat digunakan pada saat ini, yang sesuai  dengan situasi dan perkembangan zaman. Ya salah satunya adalah media berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu saya juga banyak mengenal lebih dalam tentang media sosial yang sebelumnya pemahaman saya tentang media sosial masih sangat dangkal, diantaranya membuat blog, mengerjakan tugas di google class room dan berbagi video di youtube. Pada google class room saya seakan – akan berada pada sebuah kelas interaktif dan saya bisa berinteraksi langsung dengan dosen dan teman – teman kelas saya.
Ilmu komputer tidak hanya sekedar menjadi kemampuan yang hanya dimiliki oleh sebagian orang. Kini, ilmu komputer bahkan dapat dikatakan sebagai kebutuhan setiap orang sehari-harinya. Semua hal dalam kehidupan kita sekarang, selalu berhadapan dengan teknologi yang sebenarnya tidak lain adalah pengembangan dari ilmu yang sedang kita bicarakan ini. Kita dikatakan sebagai orang kuno ketika tidak mengenal komputer. Oleh sebab itu saya menyadari betapa pentingnya mengenal Tekhnologi Informasi dan komunikasi yang bisa saya dapatkan pada mata kuliah PMTIK ini.

Terima kasih, semoga pengalaman ini dapat pula bermanfaat bagi pembaca. Amin
Sekian Wassalamu Alaikum Wr.Wb
Salam Sukses selalu Mahasiswa Pascasarjana UNISMUH Makassar


Komentar