PENGGUNAAN TIK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT
PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI YANG DAPAT DIMANFAATKAN UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN MOTIVASI DAN
MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS ANDA MASING-MASING.
Fungsi Media Pembelajaran
Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sistem pembelajaran, media pembelajaran
memiliki beberapa fungsi, di antaranya : Media pembelajaran dapat melampaui
batasan ruang kelas, mengatasi keterbatasan dan perbedaan pengalaman para
peserta didik sehingga dapat menghasilkan keseragaman pengamatan, menjangkau
audien yang besar jumlahnya (kemampuan distributif) dan memung-kinkan mereka
mengamati suatu objek secara bersamaan, media pembelajaran yang tepat dapat
memberikan ilustrasi konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis, sehingga
media pembelajaran dapat memberikan pengalaman yang integral/menyeluruh dari
yang konkrit sampai dengan abstrak, media pembelajaran yang baik juga dapat
merangsang dan membangkitkan motivasi dan minat belajar. Media pembelajaran
interaktif memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan
sumber belajar dan pelaksanaan belajar sesuai dengan kemampuan, minat, dan
waktu masing-masing
Integrasi TIK Dalam Media
Pembelajaran UNESCO (2002) menyatakan bahwa pengintegrasian TIK ke dalam proses
pembelajaran memiliki tiga tujuan utama: 1) Untuk membangun ”knowledge- based
society habits” seperti kemampuan memecahkan masalah (problem solving),
kemampuan berkomunikasi, kemampuan mencari, mengoleh/mengelola informasi,
mengubahnya menjadi pengetahuan baru dan mengkomunikasikannya kepada orang
lain; 2) Untuk mengembangkan keterampilan menggunakan TIK (ICT literacy); dan
3) Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran. Dari sisi
pendekatan, Fryer (2001) menyarankan dua pendekatan yang dapat dilakukan
pendidik ketika merencanakan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK, yaitu: 1)
pendekatan topik (theme-centered approach); dan 2) pendekatan software
(software-centered approach).
![](https://media3.picsearch.com/is?TnVCdAUtOWBIVkqque3LWDq_cj5ZbNYPfiGaU7rEuuE&height=240)
Media pembelajaran yang
terintegrasi dengan TIK yang pernah saya berikan kepada siswa saya berupa CD,
DVD, dan Video interaktif serta Film 3 dimensi. Dengan memberikan media seperti
ini siswa saya sangat senang dan antusias karena mereka dapat melihat mendengar
dan sekaligus melakukan. Jadi dapat mencakup dan memenuhi gaya belajar siswa berupa visual, auditory dan kinestetik
Pada saat menonton video
interaktif siswa dituntun dan diarahkan untuk melakukan kegiatan – kegiatan seperti
yang diperintahkan pada video tersebut. Setelah menyaksikan video pembelajaran,
siswa kemudian dituntut untuk mengerjakan dan menjawab soal - soal yang ada
pada video tersebut. Dengan media TIK siswa sangat senang dan merupakan
pengalaman mengesankan dan menarik bagi mereka, sehingga pesan yang ingin
disampaikan oleh guru dapat tersimpan dalam memori alam bawah sadar mereka
sehingga ilmu dan materi pelajaran yang didapatkan tidak akan mereka lupakan.
Komentar
Posting Komentar