PENGGUNAAN TIK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT


PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI YANG DAPAT DIMANFAATKAN UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MINAT BELAJAR SISWA DI KELAS ANDA MASING-MASING.

Fungsi Media Pembelajaran Sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sistem pembelajaran, media pembelajaran memiliki beberapa fungsi, di antaranya : Media pembelajaran dapat melampaui batasan ruang kelas, mengatasi keterbatasan dan perbedaan pengalaman para peserta didik sehingga dapat menghasilkan keseragaman pengamatan, menjangkau audien yang besar jumlahnya (kemampuan distributif) dan memung-kinkan mereka mengamati suatu objek secara bersamaan, media pembelajaran yang tepat dapat memberikan ilustrasi konsep dasar yang benar, konkrit, dan realistis, sehingga media pembelajaran dapat memberikan pengalaman yang integral/menyeluruh dari yang konkrit sampai dengan abstrak, media pembelajaran yang baik juga dapat merangsang dan membangkitkan motivasi dan minat belajar. Media pembelajaran interaktif memungkinkan adanya interaksi langsung antara peserta didik dengan sumber belajar dan pelaksanaan belajar sesuai dengan kemampuan, minat, dan waktu masing-masing
Integrasi TIK Dalam Media Pembelajaran UNESCO (2002) menyatakan bahwa pengintegrasian TIK ke dalam proses pembelajaran memiliki tiga tujuan utama: 1) Untuk membangun ”knowledge- based society habits” seperti kemampuan memecahkan masalah (problem solving), kemampuan berkomunikasi, kemampuan mencari, mengoleh/mengelola informasi, mengubahnya menjadi pengetahuan baru dan mengkomunikasikannya kepada orang lain; 2) Untuk mengembangkan keterampilan menggunakan TIK (ICT literacy); dan 3) Untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran. Dari sisi pendekatan, Fryer (2001) menyarankan dua pendekatan yang dapat dilakukan pendidik ketika merencanakan pembelajaran yang mengintegrasikan TIK, yaitu: 1) pendekatan topik (theme-centered approach); dan 2) pendekatan software (software-centered approach).
Media pembelajaran yang terintegrasi dengan TIK yang pernah saya berikan kepada siswa saya berupa CD, DVD, dan Video interaktif serta Film 3 dimensi. Dengan memberikan media seperti ini siswa saya sangat senang dan antusias karena mereka dapat melihat mendengar dan sekaligus melakukan. Jadi dapat mencakup dan memenuhi gaya belajar siswa berupa visual, auditory dan kinestetik
Pada saat menonton video interaktif siswa dituntun dan diarahkan untuk melakukan kegiatan – kegiatan seperti yang diperintahkan pada video tersebut. Setelah menyaksikan video pembelajaran, siswa kemudian dituntut untuk mengerjakan dan menjawab soal - soal yang ada pada video tersebut. Dengan media TIK siswa sangat senang dan merupakan pengalaman mengesankan dan menarik bagi mereka, sehingga pesan yang ingin disampaikan oleh guru dapat tersimpan dalam memori alam bawah sadar mereka sehingga ilmu dan materi pelajaran yang didapatkan tidak akan mereka lupakan.


Komentar