Google Classroom


Pengalaman menggunakan dan berinteraksi dalam Google Classroom

Saya mengenal dan berinteraksi dengan google class room pada pembelajaran PMTIK di kelas pascasarjana  PGSD. Sebagaimana kita ketahui Google Classroom adalah serangkaian tools produktivitas gratis dari Google meliputi Gmail, Drive, dan Docs, tersedia untuk pengguna Google Apps for Education. Classroom dirancang untuk membantu guru atau pengajar membuat dan mengumpulkan tugas tanpa menggunakan kertas, termasuk fitur untuk menghemat waktu Guru seperti kemampuan untuk membuat salinan Google Docs secara otomatis bagi setiap siswa. Classroom juga dapat membuat folder Drive untuk setiap tugas dan setiap siswa, agar semuanya tetap teratur.
Google Classroom (atau dalam bahasa Indonesia yaitu Ruang Kelas Google) adalah suatu serambi pembelajaran campuran yang diperuntukkan terhadap setiap ruang lingkup pendidikan yang dimaksudkan untuk menemukan jalan keluar atas kesulitan dalam membuat, membagikan dan menggolong-golongkan setiap penugasan tanpa kertas.
Pembelajaran berbasis teknologi informasi yang terangkum dalam Learning Managemen System (LMS) memberikan pengalaman terbaik bagi saya sebagai mahasiswa. Model pembelajaran seperti ini merupakan salah satu model pembelajaran inovatif berbasis e-learning. Kami dapat melakukan interaksi KBM dengan efisiensi waktu dan dapat mengurangi pemakaian kertas untuk mengerjakan tugas. Keutamaan lain pada Google Classroom yaitu bisa didapatkan secara gratis dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri pada akun Google Application for Education. Produk Google adalah Google Classroom, Fasilitas e-mail dengan domain sendiri, Google Drive, dan lain-lain. Akun Google Aplikasi for Education ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran secara online, dapat diperoleh secara gratis serta dapat digunakan untuk perangkat apa pun. Salah satu kecanggihan aplikasi ini adalah dapat digunakan secara bersama-sama dalam kelompok secara kolaboratif.
Pengalaman yang lain  dalam menggunakan Google Classroom yaitu tercipta suasana yang interaktif antara mahasiswa dan pengajar serta mahasiswa yang lain. Seakan – akan kita berada dalam satu ruangan sehingga bisa saling berbagi pendapat dan saling berkomentar dan antar mahasiswa bisa saling melihat tugas masing – masing.

Komentar