Video ini merupakan video pembelajaran yang saya buat dalam bentuk PTK yang berjudul “Upaya Meningkatkan  Pemahaman  Operasi Hitung Bilangan Bulat  Melalui Penggunaan Mistar Interaktif Pada Siswa Kelas IV di SDN 30 Sumpang Bita Kabupaten Pangkep”.
PTK yang saya lakukan berdasarkan sebuah masalah yang timbul di kelas IV SDN 30 Sumpang Bita tempat saya mengajar. Berdasarkan pengalaman saya dalam mengajarkan materi ini, murid mengalami kesulitan dalam memahami operasi hitung bilang bulat terutama yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat positif dan negatif.
Berdasarkan refleksi atas pelaksanaan pembelajaran yang selama ini penulis lakukan pada saat mengajarkan materi operasi hitung bilangan bulat, munculnya kesulitan siswa dalam memahami operasi hitung bilangan bulat lebih banyak diakibatkan karena faktor guru. Berdasarkan hasil diskusi dengan teman sejawat diketahui bahwa salah satu solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap operasi bilangan bulat adalah dengan mengggunakan alat peraga berupa mistar hitung.
Penggunaan mistar hitung agar lebih maksimal penggunaannya maka penulis melakukan inovasi dalam bentuk mistar interaktif, yakni penggunaan mistar hitung secara maksimal, menarik dan menyenangkan sehingga pemahaman siswa dapat meningkat.
Pada Video ini menampilkan kegiatan belajar pada siklus 1 yaitu kegiatan belajar mengajar yang interaktif menggunakan mistar bilangan yang diciptakan sendiri oleh guru agar menarik minat siswa. Kegiatan belajar mengajar diawali dengan berdo’a, apersepsi, mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan menggunakan media mistar interaktif, menjawab LKS dan menutup pembelajaran dengan kesimpulan dan Doa.
Tetapi pada video ini hanya menampilkan gambar kegiatan  siklus 2 diawal video dimana peneliti menggunakan alat peraga mistar interaktif berupa garis bilangan yang digambar langsung oleh siswa di tanah dengan menggunakan batu sebagai alat  yang dapat di geser berdasarkan soal yang harus dikerjakan murid. Kemudian menggunakan barisan siswa sebagai garis bilangan.


Komentar